Dr. Ir. Purwadi, MS.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH KEBERADAAN PERKEBUNAN KELAPA SAWIT TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT ADAT PT. SATYA NUSA INDAH PERKASA (Studi Kasus Desa Baung Sengatap, Kecamatan Ketungau Hilir, Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat)


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak perubahan sosial ekonomi masyarakat adat semenjak adanya pembangunan perusahaan PT. Satya Nusa Indah Perkasa dan untuk mengetahui upaya yang dilakukan perusahaan PT. Satya Nusa Indah Perkasa dalam menghadapi masalah sosial ekonomi masyarakat.
Lokasi yang dipilih secara sengaja yaitu di wilayah perkebunan PT. Satya Nusa Indah Perkasa. Desa Baung Sengatap, Kecamatan Ketungau Hilir, Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat. Jumlah responden yang digunakan sebanyak 32 orang dengan menggunakan metode Indept Interview. Data yang digunakan menggunakan teknik pencatatan, observasi, wawancara, dan kuesioner.
Hasil Penelitian ini menunjukan adanya dampak positif dan negatif yang ditimbulkan oleh perusahaan terhadap perubahan sosial ekonomi masyarakat adat di Desa Baung Sengatap, baik dari segi aspek ekonomi, sosial budaya, dan lingkungan, serta adanya upaya dari perusahaan dalam menerapkan sistem CSR (Corporate Social Responsibility) agar perusahaan perkebunan dapat meminimalisir asumsi masyarakat adat dan mencegah dampak negatif yang ada di kehidupan masyarakat adat supaya dapat diterima dengan baik oleh seluruh masyarakat adat yang berada di lingkungan perusahaan.
LOADING LIST...
rickytiw666@gmail.com
Dr. Ir. Purwadi, MS. - Personal Name
Ir. Listiyani, MP - Personal Name
Andreas Ricky Alvianto - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIER
2021
YOGYAKRTA
LOADING LIST...