Kuni Faizah, S. Si, M.Sc; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Peningkatan Mechanical Strenght Gypsum dengan Penambahan Serat Bleacing Tandan Kosong Kelapa Sawit


Telah dilakukan penelitian tentang peningkatan mechanical strenght gypsum dengan penambahan serat bleaching tandan kosong kelapa sawit dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan perbandingan tepung gypsum dengan serat dan variasi ukuran serat untuk meningkatkan mechanical strenght gypsum.
Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Sederhana (RAS) dengan dua faktor. Faktor pertama perbandingan serat dan gypsum (C) yang terdiri dari tiga taraf, (C1) perbandingan 1 : 6 , (C2) perbandingan 1 : 8, dan (C3) perbandingan 1 : 10. Faktor kedua, ukuran serat (M) yang terdiri dari tiga taraf yaitu (M1) ukuran 40 mesh, (M2) ukuran 60 mesh, dan (M3) ukuran 80 mesh. Parameter uji yang dilakukan adalah uji impact, serapan air dan densitas.
Hasil menunjukkan variasi perbandingan serat dan gypsum dalam proses berpengaruh terhadap serapan air dan uji impact tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap densitas. Sedangkan pada variasi ukuran serat berpengaruh nyata terhadap uji impact tidak berpengaruh nyata terhadap serapan air dan densitas. Berdasarkan dari hasil tertinggi untuk uji impact yaitu adalah sampel M3C3 yaitu 235,63 J/cm2. Hasil uji serapan air terbaik ada pada sampel M1C3 yaitu 24,08%. Spesimen telah memenuhi SNI pada uji serapan air dan tekanan. Untuk densitas perlu lagi pengembangan variasi ukuran serat dan perbandingan atara komposit dan gypsum.


LOADING LIST...
jatmukaadiw@gmail.com
Kuni Faizah, S. Si, M.Sc - Personal Name
Windono Jadmiko Adi - Personal Name
Dina Mardatilah, S. TP, M.Si - Personal Name
0895359098591
NONE
Text
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...