Wulanda Sukesih; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KONTRIBUSI USAHATANI SISTEM AGROFORESTRY BERBASIS LAHAN KERING TERHADAP PENDAPATAN PETANI (STUDI KASUS DI DUSUN KALIGAMPING DESA KALIJAYA KECAMATAN BANJARANYAR KABUPATEN CIAMIS PROVINSI JAWA BARAT)


Penelitian Kontribusi Usahatani Sistem Agroforestry Berbasis Lahan Kering terhadap Pendapatan Petani (Studi Kasus di Dusun Kaligamping Desa Kalijaya Kecamatan Banjaranyar Kabupaten Ciamis Provinsi Jawa Barat) bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan pola usahatani sistem agroforestry yang diterapkan oleh petani, untuk mengetahui besaran kontribusi pendapatan usahatani sistem agroforestry terhadap total pendapatan rumah tangga petani, serta untuk mengetahui cash flow bulanan petani sistem agroforestry.
Penelitian menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Perhitungan sampel menggunakan rumus Slovin dan diperoleh sampel sebanyak 43 responden, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling dengan menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan kuesioner. Data yang sudah didapatkan kemudian diolah dan dikelompokan serta dilakuka perhitungan untuk kemudian disajikan dalam bentuk tabulasi angka dan tabel sesuai dengan hasil yang diperoleh.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola usahatani sistem agroforestry yang diterapkan oleh petani di Dusun Kaligamping adalah pola agrisilvikultur dan pola agrosilvopastura dengan tanaman penyusun berupa tanaman pertanian yang didominasi oleh tanaman Kapulaga (Amomum compactum), tanaman perkebunan yang didominasi oleh tanaman Pisang (Musa paradisiaca L.) dan Kelapa (Cocos nucifera), serta tanaman kehutanan yang didominasi oleh tanaman Sengon (Albazia chinensis). Kontribusi pendapatan agroforestry terhadap total pendapatan rumah tangga petani di Dusun Kaligamping berdasarkan kelompok luas lahan agrofrestry rata-rata sebesar 35,74% atau sebesar Rp. 41.940.450,-/tahun dan rata-rata kontribusi pendapatan dari luar agroforestry sebesar 64,26% atau sebesar Rp. 68.423.071,-/tahun. Cash flow bulanan petani sistem agroforestry berfluktuasi disetiap bulannya. Besaran pendapatan bulanan agroforestry dipengaruhi oleh waktu panen tanaman, sedangkan besaran pendapatan bulanan dari luar agroforestry dipengaruhi oleh waktu panen padi. Besaran pengeluaran bulanan agroforestry dipengaruhi oleh waktu pelaksanaan perawatan tanaman, sedangkan besaran pengeluaran bulanan rumah tangga dipengaruhi oleh jumlah kebutuhan rumah tangga petani. Sisa pendapatan bulanan rata-rata disimpan sebagai tabungan, digunakan untuk mengelola lahan dan untuk membeli kebutuhan lain yang berupa barang.

LOADING LIST...
wulansukesih@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...