Dr. Ir. Candra Ginting, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PEMANFAATAN LIMBAH SOLID KELAPA SAWIT MENJADI PUPUK ORGANIK DENGAN PENAMBAHAN BIO-SLURRY


Penelitian ini bertujuan untuk megetahui perbandingan terbaik dalam pembuatan Pupuk Organik Cair antara Solid kelapa sawit dengan bioslurry serta mengetahui Analisis kimia pada produk sehingga bias di aplikasikan pada tanaman.
Rancangan percobaan yang digunakan pada penelitian ini adalah RBL (Rancangan Blok Lengkap) 1 faktor 3 taraf perlakuan dua kali pengulangan. Dengan A sebagi perbandingan antara solid kelapa sawit dan bioslurry dalan komposisi A (1 kg : 2 L ) B ( 2 kg : 2 L ), Dan C ( 2 kg : 1 L ). Sebagai lama waktu fermentasi 3 hari, 5 hari dan 7 hari.
Hasil penelitian menunjukkan perbandingan solid kelapa sawit dengan bioslurry tidak berpengaruh nyata pada unsur hara pada pupuk organik dengan dihasilkannya komposisi terbaik terdapat pada perbandingan solid kelapa sawit dan bioslurry 1 kg :2 L, dengan lama waktu fermentasi 3 hari dengan nilai unsur hara N-total 0,53 % fosfor (P2O5) 0,17 %, Kalium ( K2O) 0,37 %), penambahan bioslury pada proses fermentasi mempengaruhi kualitas dari pupuk organik.

LOADING LIST...
ahmadfasiin@gmail.com
Dr. Ir. Candra Ginting, MP - Personal Name
Ngatirah, SP. MP (P) - Personal Name
Ahmad Fasi'in - Personal Name
NONE
YOGYAKARTA
Text
Indonesia
INSIPER
2021
LOADING LIST...