Dr. Ir. Danang Manumono, MS. (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISIS SEKTOR UNGGULAN PERTANIAN DI KABUPATEN KULON PROGO


PDRB ini pada umumnya digunakan sebagai indikator baik buruknya perekonomian sebuah negara dan sebagai tolok ukur kesejahteraan masyarakat. Tujuan dalam penelitian menganalisis sektor basis pertanian di Kabupaten Kulon Progo, menganalisis komoditas basis pertanian di Kabupaten Kulon Progo, mengkaji kebijakan pemerintah daerah di Kabupaten Kulon Progo, dan menganalisis laju pertumbuhan sektor pertanian di Kabupaten Kulon Progo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif analisis. Pada penentuan lokasi dengan metode purposive area. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari 2021, bertempat di Kabupaten Kulon Progo, D.I.Yogyakarta. Data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder melalui metode telaah pustaka dan publikasi. Metode analisis data menggunakan analisis Location Quotiont (LQ) dan Dynamic Location Quotiont (DLQ).
Hasil analisis LQ sektor dan subsektor pertanian di Kabupaten Kulon Progo merupakan sektor dan subsektor basis. Hasil analisis LQ skala prioritas pada komoditas subsektor pertanian di Kabupaten Kulon Progo menunjukkan komoditas subsektor perkebunan yang terdiri dari komoditas teh dan kopi. Pada subsektor tanaman pangan terdiri dari komoditas padi sawah. Hasil analisis DLQ subsektor pertanian menunjukkan bahwa semua laju pertumbuhan baik sektor maupun subsektor ditingkat Kabupaten Kulon Pogo memiliki laju pertumbuhan yang lebih rendah jika dibandingkan ditingkat Provinsi. Hasil analisis gabungan LQ dan DLQ menunjukkan bahwa sektor maupun subsektor pertanian di Kabupaten Kulon Progo masuk dalam klasifikasi potensial. Kebijakan pertanian pada subsektor perkebunan terkesan kurang diperhatikan. Hal ini bisa dikarenakan penduduk yang mengusahakan pada subsektor perkebunan lebih sedikit dari pada penduduk yang mengusahakan di subsektor pertanian yang lain seperti tanaman pangan, tanaman hortikultur, dan peternakan. Dimungkinkan hal ini menyebabkan pemerintah lebih mengedepankan kebijakan dari subsektor pertanian lain.
LOADING LIST...
Rahmasatyarani4@gmail.com
Dr. Ir. Danang Manumono, MS. (P) - Personal Name
Arum Ambarsari, SP., MP. - Personal Name
RAHMA SATYARANI - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...