AYI SULISTIANI; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Penerapan Good Manufacturing Practice (GMP) dalam Meningkatkan Keamanan Pangan pada UMKM Bersertifikasi di Kabupaten Belitung Timur


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengolahan produk pangan di UMKM dan kesesuaian cara produksi di UMKM dengan standar Good Manufacturing Practice (GMP) yang berlaku di Indonesia, serta untuk mengetahui potensi bahaya yang mungkin ada pada bahan baku maupun setiap tahap proses pengolahan.
Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui proses produksi di suatu UMKM. Penelitian ini dilakukan bertahap. Tahap awal mencari informasi mengenai UMKM, tahap kedua survey pendahuluan, tahap ketiga studi kasus dan pengumpulan data, dan tahap terakhir proses analisis dan pengolahan data. Proses pendataan di setiap UMKM diulang sebanyak 3 kali agar diperolah data yang lebih akurat, serta UMKM yang diamati berjumlah 3 UMKM yang bergerak di bidang olahan makanan yang sama yaitu olahan kerupuk ikan.
Berdasarkan kriteria penilaian GMP, ketiga UMKM terkategori sudah cukup baik dalam hal penerapan GMP. Beberapa hal yang perlu diperbaiki dalam penerapan GMP pada ketiga UMKM ini adalah bangunan dan fasilitas, kesehatan dan higine karyawan, serta pengendalian proses. Sedangkan hasil analisis potensi bahaya, terdapat 4 proses pengolahan kerupuk ikan yang tergolong TKK/ TKK yaitu penerimaan bahan baku, pencucian ikan, penyiangan ikan, dan penjemuran kerupuk, dengan bahaya fisika dan biologis seperti pertumbuhan bakteri patogen tidak berspora, dan benda asing.
LOADING LIST...
ayisulistiani05@gmail.com
AYI SULISTIANI - Personal Name
Dr. Maria Ulfah, S. TP., MP (P) - Personal Name
Ir. Kusumastuti, M. Sc - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...