Arum Ambarsari, SP., MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PEMANFAATAN SUMBER INFORMASI USAHA TANI SAYURAN ORGANIK DESA WIKUSARI KECAMATAN CANGKRINGAN KABUPATEN SLEMAN


Bidang pertanian memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan perekonomian negara, tanaman sayuran merupakan salah satu komoditas yang sangat prospektif untuk dikembangkan namun kedala mendasar dihadapi dalam usaha tani sayuran organik adalah kemampuan sumber daya manusia dalam memanfaatkan sumber informasi hal ini yang melatarbelakangi penulis untuk melakukan penelitian ini. Tujuan dalam penelitian ini mengetahui sumber-sumber informasi, kebutuhan informasi, dan pemanfaatan sumber informasi oleh petani sayuran organik.
Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kualitatif yaitu menganalisis, menggambarkan, dan meringkas berbagai kondisi, situasi dari berbagai data yang dikumpulkan. Penelitian ini di laksanakan di Desa Wikusari Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman dengan rata-rata penduduknya bekerja sebagai seorang petani sayuran Organik, penentuan sampel ini ditentukan dengan menggunakan metode Simple Random Sampling dan jumlah responden pada penelitian ini adalah 30 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pencarian sumber informasi, yang mempengaruhi sumber informasi tersebut yaitu usia, tingkat pendidikan, jenis kelamin, jenis usaha tani, luas lahan, sumber modal, status kepemilikan, dan lama usaha tani. Jumlah sumber informasi yang paling banyak didapat oleh petani yaitu sesama petani dengan persentase 100,00%. Kebutuhan informasi yang diperlukan petani berupa informasi tentang Pembibitan, Pengolahan Tanah, Pemupukan, Hama Penyakit, Pasca Panen, dan pemasaran. Dari kebutuhan informasi tersebut, pemanfaatan informasi pengelolaan tanah merupakan yanng paling banyak digunakan petani yaitu berjumlah 17 orang dengan persentase 53,12%.

Kata Kunci : Petani, Sayuran Organik, Sumber Informasi, Pemanfaatan.

LOADING LIST...
Arum Ambarsari, SP., MP - Personal Name
Istiti Purwandari, SP,. MP (P) - Personal Name
ANDRIANSYAH - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2021
YOGYAKRTA
LOADING LIST...