Dr. Ir. Herry Wirianata, MS; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

INTEGRASI PEMANFAATAN UNMANNED AERIAL VEHICLE (UAV), DATA KEBAKARAN DAN CURAH HUJAN UNTUK PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN KEBAKARAN LAHAN DAN HUTAN (STUDI KASUS DI PERKEBUNAN SAWIT WILMAR GROUP KALIMANTAN TENGAH)


Penelitian ini bertujuan untuk membuat basis data tingkat resiko kebakaran, memanfaatkan teknologi UAV dan media komunikasi untuk kegiatan pencegahan dan penanggulangan kebakaran lahan dan hutan.
Pembuatan basis data tingkat resiko kebakaran dengan menggunakan 3 parameter yaitu data kebakaran tahun 2015 hingga 2020, data tutupan lahan dan data akses berupa jalan dan sungai. Metode yang digunakan adalah pembobotan atau scoring. Basis data tingkat resiko kebakaran di dalam wilayah perkebunan kelapa sawit Wilmar Group Kalimantan Tengah adalah 39% tingkat resiko rendah, 34% tingkat resiko menengah, 16% tingkat resiko tinggi dan 11% tingat resiko ekstrim. Data tingkat resiko kebakaran bermanfaat untuk pembuatan rencana kerja berdasarkan lokasi maupun luasan.
Penelitian ini juga digunakan untuk menganalisa hubungan antara curah hujan dengan jumlah kejadian kebakaran dan luas kebakaran. Hasil analisa menunjukkan bahwa terdapat hubungan terbalik dimana bila salah satu data naik maka data yang lain akan turun.
Pemanfaatan teknologi UAV untuk kegiatan mitigasi dan penanggulangan kebakaran lahan dan hutan. Kelebihan teknologi UAV antara lain murah, mudah dioperasikan, jangkauan survey lebih luas, pengukuran area terbakar serta minim tenaga dan kecelakaan. Namun UAV juga memiliki kekurangan yaitu faktor pengoperasian dipengaruhi cuaca (Hujan dan angin kencang), Jarak jangkauan terbatas serta waktu terbang yang singkat (15-20 menit).
Pemanfaanfaatan media komunikasi Whatsapp sangat efektif dalam penyampaian semua informasi terkait kegiatan pencegahan, penanggulangan dan monitoring kebakaran lahan dan hutan kepada semua pihak yang terlibat. Dalam waktu yang relatif singkat, informasi seragam dan diterima hampir secara bersamaan.

LOADING LIST...
amipriyani@gmail.com
Dr. Ir. Herry Wirianata, MS - Personal Name
Dr. Ir. Hermantoro, MS. (P) - Personal Name
Ami Priyani - Personal Name
Dr. Ir. Purwadi, MS.(P) - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...