Fitri Kurniawati, SP., MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

METODE PENYULUHAN PERTANIAN DI KECAMATAN SEI RAMPAH KABUPATEN SERDANG BEDAGAI PROVINSI SUMATERA UTARA


Penyuluhan pertanian dilaksanakan untuk menambah kesanggupan para petani dalam usahanya memperoleh hasil-hasil yang dapat memenuhi keinginan mereka. Penyuluhan pertanian tujuannya adalah perubahan perilaku petani sehingga mereka dapat memperbaiki cara bercocok tanamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode penyuluhan pertanian apa yang paling tepat digunakan para petani dengan cara membandingkan beberapa metode penyuluhan pertanian yang telah diterapkan. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Sei Rejo Kecamatan Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara pada tanggal 05 September 2020 – 05 Oktober 2020.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yaitu metode yang meneliti sekelompok manusia, sistem objek, suatu kondisi, suatu pemikiran atau kelas peristiwa yang terjadi pada masa sekarang. Pemilihan sampel menggunakan metode snowball sampling adalah teknik pengambilan sampel sumber data yang awalnya berjumlah sedikit kemudian menjadi banyak. Di Desa Sei Rejo Kecamatan Sei Rampah di ambil sampel sumber data sebanyak 15 petani dengan penyuluhan secara kelompok dan 15 petani dengan penyuluhan secara perseorangan. Analisis yang di gunakan yaitu dengan cara deskriptif serta menghitung hasil produksi dan pendapatan petani menggunakan rumus TR = P.Q.
Hasil penelitian ini menunjukan metode penyuluhan pertanian yang paling tepat digunakan di Desa Sei Rejo Kecamatan Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai yaitu metode Perseorangan. Hasil rata-rata pendapatan produksi petani yang mendapatkan penyuluhan secara perseorangan sebesar Rp 21.697.893 dan secara berkelompok sebesar Rp Rp 17.487.667 untuk permusim panen.
LOADING LIST...
radsabagas41@gmail.com
NONE
Text
2021
yogyakarta
LOADING LIST...