Dr. Ir. Candra Ginting, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Budidaya Bawang Merah (Allium cepa var ascalonicum L.) secara Hidroponik pada Media dan Konsentrasi Pupuk yang Berbeda


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kombinasi yang terbaik antara macam media tanam dengan konsentrasi pupuk terhadap pertumbuhan dan hasil bawang merah secara hidroponik.
Penelitian dilaksanakan di Desa Bandasari, kecamatan Air Upas, kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial yang terdiri 2 faktor. Faktor pertama media tanam yang terdiri dari 3 aras yaitu: arang sekam, cocopeat, dan peatmoss. Faktor kedua konsentrasi terdiri dari 3 aras yaitu:1,5 mS/cm, 2 mS/cm dan 2,5 mS/cm. Dari kedua faktor diperoleh 9 kombinasi perlakuan dan masing - masing kombinasi di ulang sebanyak 3 kali. Data hasil penelitian di analisis dengan sidik ragam pada jenjang nyata 5%. Data yang berbeda nyata diuji lanjut dengan DMRT 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kombinasi antara media dan konsentrasi larutan terhadap parameter tinggi tanaman dan berat segar umbi. Kombinasi terbaik adalah arang sekam dengan konsentrasi larutan 2 mS/cm. Media tanam memberi pengaruh terhadap berat segar akar dan berat kering daun. Media tanam terbaik adalah peatmoss. Konsentrasi larutan memberi pengaruh terhadap berat kering daun. Konsentrasi larutan terbaik adalah 2 mS/cm.

LOADING LIST...
dwiyulia624@gmail.com
Dr. Ir. Candra Ginting, MP - Personal Name
IR. NI MADE TITIARYANTI, MP (p) - Personal Name
Dwi Yulia Nur - Personal Name
NONE
Text
2021
yogyakarta
LOADING LIST...