Ir. Sugeng Wahyudiono, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KAJIAN TEKNIK PENJADWALAN PEMANENAN BERDASARKAN SISTEM ANALISIS MANUAL DAN OPTIMASI DI LAHAN MINERAL DAN LOWLAND PT. RAPP


Penjadwalan panen sering kali sulit untuk dilakukan karena melibatkan banyak data dan dampak yang diakibatkan oleh pengolahan dimasa lalu. Waktu pemanenan di tanah mineral dan lowland akan mempengaruhi produktivitas berupa volume yang dihasilkan pada saat dipanen dan juga biaya yang dikeluarkan untuk melakukan pemanenan. Perusahaan perlu membuat keputusan-keputusan dengan informasi yang ada saat ini dan mengurangi ketidakpastian dengan memaksimalkan informasi agar dapat mencapai produktiftias dalam bentuk efektivitas dan efisiensi. Penelitian ini mencoba membandingkan sistem analsis manual dan optimasi yang menggunakan Harvest Scheduling Software untuk penjadwalan panen yang terbaik digunakan di tanah mineral dan lowland agar produktivitas berupa volume yang dihasilkan saat ditebang dapat dimaksimalkan dan biaya yang dikeluarkan saat pemanenan dapat diminimalkan.
Penelitian dilaksanakan di Sektor Teso Timur, Kabupaten Kampar dan Kabupaten Kuantan Singingi PT. Riau Andalan Pulp and Paper, Provinsi Riau, Sektor Meranti Timur, Kabupaten Palelawan PT. Riau Andalan Pulp and Paper, Provinsi Riau dan Head Office Fiber PT. Riau Andalan Pulp and Paper, Provinsi Riau. Penelitian terdiri dari 4 skenario yang mewakili umur panen dan spesies tertentu menggunakan volume dan biaya pemanenan sebagai parameter. Penelitian ini menggunakan analisis etat, perbandingan dan efektivitas dan efisiensi yang menunjukkan sistem analisis optimasi lebih produktif dengan hasil volume yang maksimum dan biaya yang lebih minimum. Hasil penelitian ini juga diperkuat dengan uji Mann Whitney yang menunjukkan skenario 1 dan skenario 4 memiliki hasil yang berbeda nyata antara sistem anlisis manual dan optimasi.
LOADING LIST...
andrevqsr@gmail.com
Ir. Sugeng Wahyudiono, MP - Personal Name
Ir. Siman Suwadji, MP (p) - Personal Name
Andre Setiawan Oen - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...