Arum Ambarsari, SP., MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PEMBERDAYAAN KELOMPOK WANITA TANI TERHADAP KONTRIBUSI PENDAPATAN KELUARGA DI DESA WONOKROMO KECAMATAN PLERET KABUPATEN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA


Pemberdayaan kelompok wanita tani berkontribusi dalam peningkatan pendapatan keluarga dengan cara menumbuhkembangkan potensi dan peran wanita sehingga dapat membantu keluarga. Dengan adanya pemberdayaan kelompok wanita tani, diharapkan wanita akan membantu dalam peningkatan pendapatan keluarga. Sehingga dalam Penelitian ini bertujuan untuk : 1. mengetahui pemberdayan kelompok wanita tani di Desa Wonokromo, 2 mengetahui hubungan pemberdayaan kelompok wanita tani terhadap kontribusi pendapatan keluarga.
Penelitian ini di lakukan di Desa Wonokromo Kecamatan Pleret Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta pada bulan Desember 2020. Metode dasar penelitian ini yaitu metode deskriptif. Penentuan lokasi di tentukan dengan cara studi kasus. Penentuan sampel yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu metode sensus dengan jumlah responden 22 orang anggota kelompok wanita tani matahari karanganom. Data dianalisa dengan menggunakan anlisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif untuk mengetahui kontribusi wanita terhadap pendapatan keluarga. Hasil penelitian ini menunjukkan kegiatan pemberdayaan yang di lakukan kelompok wanita tani matahari karanganom yaitu kegiatan pertemuan rutin tiap bulan, kegiatan pelatihan pertanian dan pelatihan cara perawatan, kegiatan pemasaran. Pemberdayaan kelompok wanita tani matahari karanganom berkontribusi kecil terhadap pendapatan keluarga yaitu berkontribusi kurang dari 50% dengan jumlah 22%.

LOADING LIST...
refnaldyputraa@gmail.com
Arum Ambarsari, SP., MP - Personal Name
Dr. Ismiasih, M.TP., MSc (P) - Personal Name
refnaldy putra - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2021
YOGYAKRTA
LOADING LIST...