Tri Endar Suswatiningsih, SP., MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

DAMPAK KEBERADAAN PERKEBUNAN KELAPA SAWIT PT. KENCANA ALAM PERMAI (KAP) TERHADAP PEREKONOMIAN PETANI SWADAYA KELAPA SAWIT DI DESA SUNGAI BULUH, KECAMATAN TEMPUNAK, KABUPATEN SINTANG, PROVINSI KALIMANTAN BARAT


Pembangunan perkebunan kelapa sawit PT. KAP mempunyai dampak terhadap perekonomian masyarakat petani terutama dalam menciptakan lapangan kerja dan kesempatan berusaha baru, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dampak dan peran perkebunan PT. KAP terhadap pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja.
Penelitian ini menggunakan metode dasar penelitian deskriftif, metode penentuan lokasi menggunakan purposive sampling, di laksanakan di Desa Sungai Buluh, penentuan sampel menggunakan metode snowball, teknik pengumpulan data menggunakan kuisoner, wawancara, dan observasi. Analisi data menggunakan metode deskriftif dengan cara mendeskrifsikan dan menganalisa secara jelas dan cermat.
Hasil penelitian menunjukan adanya PT. KAP telah menciptakan perkerjaan sampingan bagi petani, pendapapatan perbulan sebelum adanya perusahaan sebesar Rp. 833.333, sesudah adanya perusahaan menjadi Rp. 2.475.000, pengolahan lahan menjadi di olah secara mitra kerja dengan pembagian hasil 70% untuk perusahaan 30% untuk petani, sumber daya alam menjadi di manfaatkan untuk kebutuhan harian dan usaha, pembangunan penambahan pada infrastruktur dan pertumbuhan kelembagaan ekonomi menjadi berubah.

LOADING LIST...
penimsc97@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...