Dr. Yohana Theresia Maria Astuti, MSi; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH MACAM MEDIA TANAM (KALIANDRA, COCOPEAT, KASGOT) DAN DOSIS PGPR TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT DI PRE-NURSERY (PN)


Penelitian bertujuan untuk mengetahui respon pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery terhadap pemberian macam media tanam (Humus kaliandra, Cocopeat, Kompos kasgot) dan Dosis PGPR. Penelitian dilaksanakan di lahan pertanian milik masyarakat Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta pada 10 April 2020 sampai 06 Juli 2020.
Penelitian ini menggunakan metode percobaan faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama adalah macam media tanam yang terdiri dari 4 aras yaitu: Kontrol (Tanah regosol 100%); Tanah Regosol + Humus Kaliandra ; Tanah Regosol + Cocopeat ; Tanah Regosol + Kompos Kasgot . Sedangkan faktor kedua adalah Konsentrasi PGPR yang terdiri dari 4 aras yaitu: Kontrol (tanpa PGPR); 10 ml/polibag; 20 ml/polibag; 30 ml/polibag. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan sidik ragam (Anova) pada jenjang nyata 5%. Apabila terdapat berpengaruh nyata, dilanjutkan dengan uji DMRT pada jenjang nyata 5%. Parameter yang diamati antara lain tinggi tanaman, diameter batang, jumlah daun, luas daun, berat segar tajuk, , berat kering tajuk, berat segar akar, berat kering akar, panjang akar, jumlah akar.
Hasil penelitian ini menunjukkan tidak terjadi interaksi nyata antara macam media tanam dan aplikasi PGPR terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Media tanam dengan campuran humus kaliandra yang terbaik dalam meningkatkan pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre-nursery, dibandingkan dengan cocopeat dan kasgot. Aplikasi PGPR mampu meningkatkan pertumbuhan tajuk bibit kelapa sawit di pre-nursery.
LOADING LIST...
NONE
Text
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...