Arif Umami, S.Si., M.Sc; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH PEMBERIAN PGPR DAN ROCK PHOSPHAT TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KAKAO (Theobroma cacao)


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian PGPR dan Rock Phospat terhadap tanaman kakao telah dilakukan di kebun Pendidikan dan Penelitian (KP2) Instiper Yogyakarta pada bulan Maret hingga Juni 2020 di Desa Wedomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.
Metode percobaan yang digunakan adalah rancangan faktorial yang terdiri dari dua faktor yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL). Faktor pertama adalah pengaruh macam takaran konsentrasi PGPR terdiri dari 4 aras yaitu kontrol,10 ml/L air,15 ml/L air, dan 20 ml/L air. Faktor kedua adalah dosis pupuk rock phospat terdiri dari 3 aras, yaitu 0 g, 66 g, dan 100 g
Selain itu untuk yang kontrol diberi pupuk NPK dengan dosis 1 g dilarutkan dengan air. Data yang diperoleh dianalisis dengan Analisis of Variance (sidik ragam) pada jenjang nyata 5%. Apabila ada perbedaan nyata pengujian dilanjutkan dengan menggunakan Uji Jarak Berganda Duncan (DMRT) dengan jenjang nyata 5%.
Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak ada interaksi nyata anatara macam takaran kosentrasi PGPR dan dosis pupuk Rock Phosphat terhadap pertumbuhan bibit kakao. Konsentrasi PGPR 10 ml/L air memberikan pengaruh paling baik terhadap pertumbuhan tanaman, sedangkan kontrol, Konsenrasi pgpr 15ml/L air, dan 20 ml/L air memberikan pengaruh yang sama. Dosis pupuk Rock Phosphat 66 g memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap pertumbuhan bibit kakao.


Kata kunci : Kakao, PGPR, Rock Phosphat.


LOADING LIST...
adiggendon@gmail.com
Arif Umami, S.Si., M.Sc - Personal Name
Adi Kurniawan - Personal Name
Erick Firmansyah, SP., M. Sc (P) - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2021
Yogyajarta
LOADING LIST...