Ir. Umi Kusumastuti Rusmarini, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Komposisi dan Dosis Pupuk pada Pertumbuhan Bibit Kelapa Sawit Pre-Nursery


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh komposisi dan dosis pupuk pada pertumbuhan bibit kelapa sawit pre-nursery”. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2020 sampai Mei 2020, bertempat di Kebun penelitian KP2 Institut Pertanian Stiper, Yogyakarta, Desa Tempelsari, Kecamatan Maguwuharjo, Sleman dan Laboratorium Sentral, Institut Pertanian Stiper, Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan percobaan faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (Completely Randomized Design). Faktor pertama adalah Komposisi hara N,P dan K yaitu P1) 16 : 16 : 16, P2) 15 : 15 : 15, dan P3) 20 : 10 : 10. Faktor kedua yang terdari macam dosis yaitu D1) 0,5 g/bibit, D2) 1,0 g/bibit, D3) 1,5 g/bibit, D4) 2,0 g/bibit dan D5) 2,5 g/bibit. Setiap perlakuan dilakukan 4 kali ulangan sehingga jumlah bibit kelapa sawit keseluruhan adalah 60 bibit.
Hasil penelitian dianalisis menggunakan metode Analysis of Variance (Anova) pada jenjang nyata 5% dan untuk mengetahui beda nyata antar perlakuan di uji dengan uji Duncan’s Multiple Range Test (DMRT) pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa komposisi hara N,P dan K dan dosis pupuk menunjukkan interaksi tidak signifikan pada semua parameter, kemudian komposisi N,P dan K menunjukkan pengaruh nyata pada parameter volume akar,berat segar tajuk berat segar akar, dan berat kering akar. Pemberian dosis pupuk mulai dari 0,5 sampai 2,5 g/bibit menunjukkan hasil yang sama saja berdasarkan uji DMRT jenjang 5%.
LOADING LIST...
tuahsakti62@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...