Dr. Ir. Candra Ginting, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH MEDIA TANAM PRESS BLOCK MEDIUM RECLAMATION DENGAN TANAH MARGINAL BEKAS TAMBANG DAN DOSIS PUPUK NPK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TERUNG (Solanum melongena L.)


Penelitian ini bertujuan untuk megetahui perlakuan pengaruh media tanam dan dosis pupuk NPK yang terbaik bagi pertumbuhan dan produksi tanaman terung. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Alang – alang Lebar, Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan yang dilaksanakan pada bulan Mei sampai bulan Juli 2020.
Penelitian ini dilakukan dengan metode Rancangan Acak Lengkap yang terdiri atas dua faktor. Faktor pertama yaitu perlakuan perbandingan media tanam (Press Block Medium Reclamation, tanah tambang batu bara, dan regosol) dan faktor kedua yaitu dosis pupuk NPK (Kontrol, 2 g, 3 g, 4 g, dan 5 g), perlakuan diulang sebanyak 4 kali. Data hasil penelitian dianalisis dengan sidik ragam, apabila beda nyata maka akan dilanjutkan dengan DMRT jenjang 5%.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat interaksi nyata antara pengaruh media tanam dan dosis pupuk NPK Mutiara pada parameter diameter batang dan jumlah daun. Media tanam regosol dapat menjadi rekomendasi pada semua parameter kecuali berat segar buah, berat kering buah, dan berat kering tajuk. Demikian juga dosis 3 g pupuk NPK Mutiara paling efisien pada semua parameter.

LOADING LIST...
varick.pasaribu@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...