Ir. Umi Kusumastuti Rusmarini, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Macam dan Dosis Pupuk Organik Terhadap Pertumbuhan Bibit Kelapa Sawit (Elaeis Guineensis Jacq.) di Pre Nursery


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Macam dan Dosis Pupuk Organik terhadap Pertumbuhan Bibit Kelapa Sawit di Pre Nursery. Penelitian dilaksanakan di Desa Timbul Rejo, Krodan, Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
Metode penelitian yang digunakan adalah rancangan percobaan faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap atau Completely Randomized Design (CRD), yang terdiri atas dua faktor. Faktor yang pertama adalah macam pupuk organik yang terdiri dari 3 aras yaitu: Pupuk guano, Pupuk kascing, Pupuk kotoran ayam. Faktor kedua adalah dosis pupuk organik yang terdiri dari 3 dosis yaitu: 0 g/tanaman, 150 g/tanaman, 300 g/tanaman. Dari kedua faktor tersebut diperoleh 3 x 3 = 9 kombinasi perlakuan dan masing-masing diulang 4 kali sehingga jumlah keseluruhan 9 x 4 = 36 tanaman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada interaksi nyata antara perlakuan macam dan dosis pupuk organik terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di Pre Nursery pada semua parameter. Pada perlakuan macam pupuk organik guano, pupuk kascing dan pupuk kotoran ayam memberikan pertumbuhan yang sama. Sedangkan pada perlakuan pupuk organik dengan dosis 150 g/bibit dan 300 g/bibit dapat meningkatan pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery.
LOADING LIST...
fajarfebriandika24@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2021
YOGYAKRTA
LOADING LIST...