Valli Andi Pratama; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PEMURNIAN BIODIESEL MENGGUNAKAN ADSORBEN ZEOLIT ZSM-5 DARI KALENG BEKAS DAN SEKAM PADI DENGAN VARIASI KONSENTRASI DAN WAKTU KONTAK


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi dan waktu kontak adsorben zeolite ZSM-5 dalam pemurnian biodiesel menggunakan adsorben zeolite ZSM-5 dan menentukan konsentrasi zeolite ZSM-5 dan lama waktu kontak adsorben zeolite ZSM-5 yang dapat memenuhi syarat SNI biodiesel.
Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan dua faktor. Faktor pertama yaitu konsentrasi zeolite ZSM-5 dengan tiga taraf yaitu A1 : 1,8%, A2 : 3,6%, dan A3 : 5,4%. Faktor kedua yaitu waktu kontak dengan tiga taraf yaitu W1 : 20 menit, W2 : 40 menit, dan W3 : 60 menit. Percobaan dilakukan dengan mengkombinasi dua faktor tersebut, biodiesel sebelum dan sesudah pemurnian dianalisis meliputi massa jenis, viskositas, kadar air, angka asam, dan pH biodiesel. Data yang diperoleh dianalisis keragamannya dan dilakukan uji lanjut dengan uji Duncan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa konsentrasi adsorben zeolite ZSM-5 berpengaruh nyata terhadap viskositas, angka asam, dan kadar air biodiesel, tapi tidak berpengaruh nyata terhadap massa jenis dan pH biodiesel. Waktu kontak adsorben zeolite ZSM-5 berpengaruh nyata terhadap viskositas, angka asam, kadar air dan pH biodiesel, tapi tidak berpengaruh nyata terhadap massa jenis biodiesel. Interaksi dari kedua faktor berpengaruh nyata terhadap viskositas dan kadar air biodiesel, tapi tidak berpengaruh terhadap massa jenis, angka asam, dan pH biodiesel. Dari kelima analisis yang diujikan, yang dapat memenuhi SNI hanya massa jenis di semua perlakuan, viskositas biodiesel di semua perlakuan, dan angka asam biodiesel di perlakuan A2 (konsentrasi zeolit 3.6%) dan W1 (waktu pemurnian 20 menit). Sementara kadar air biodiesel yang dimurnikan tidak dapat mencapai syarat SNI biodiesel.

LOADING LIST...
valliandi03@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...