DR. IR. CANDRA GINTING, M.P; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH SUMBER PUPUK N DAN CARA APLIKASINYA TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT PRE NURSERY


Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh sumber pupuk N dan cara aplikasi terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Penelitian dilaksanakan di kebun pendidikan dan penelitian (KP2) institute pertanian STIPER Yogyakarta yang terletak di desa Maguoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewah Yogyakarta.
Metode penelitian yang digunakan adalah rancangan percobaan factorial yang disusun dalam rancangan acak lengkap atau Completely Randomized Design (CRD), yang terdiri atas dua factor. Factor yang pertama adalah sumber pupuk N (N) yang terdiri dari tiga sumber pupuk N yaitu: NPK, UREA, ZA. Faktor kedua adalah cara aplikasi (A) yang terdiri dari tiga cara aplikasi yaitu: Sebar, Tugal, Dicairkan.
Hasil sidik ragam menunjukan bahwa tidak ada interaksi nyata antara perlakuan sumber pupuk N dan cara aplikasi terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery, Pemberian sumber pupuk N yang bersumber dari NPK, UREA dan ZA direspon sama baiknya untuk pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Berbagai cara apliksi pemupukan direspon tidak berbeda terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery, tetapi cara ditaburka dipandang paling mudah dalam pelaksanaannya.
Kata Kunci: Cara aplikasi, pupuk N, NPK, UREA, ZA, Pembibitan kelapa sawit
LOADING LIST...
acongkreol@gmail.com
DR. IR. CANDRA GINTING, M.P - Personal Name
MUHAMMAD NUR FARISI - Personal Name
Ir. Abdul Mu'in, M.P (P) - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...