M. Darul Falah, S. Hut.,MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

STUDI DI INDUSTRI KERAJINAN BAMBU DUSUN BRAJAN,DESA SENDANG AGUNG, KECAMATAN MINGGIR, KABUPATEN SLEMAN, YOGYAKARTA


Dusun Brajan merupakan salah satu dusun sentra kerajinan bambu yang terletak di Desa Sendang Agung, Kecamatan Minggir, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Salah satu jenis bambu yang digunakan masyarakat untuk membuat kerajinan bambu di dusun tersebut yaitu jenis bambu apus (Gigantochloa apus Kurz). Hasil kerajinan bambu dari Dusun Brajan bukan hanya dipasarkan di dalam negeri saja tetapi juga ke luar negeri. Oleh karena itu untuk memenuhi kebutuhan pasar dibutukan bahan baku bambu dengan jumlah yang cukup.
Penelitian ini dilaksanakan pada industri bambu di desa brajan, kecamatan minggir, kabupaten sleman, Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetauhi proses pengolahan bahan baku bamboo menjadi barang kerajinan, kebutuhan bahan baku bambu dalam proses produksi barang kerajinan, jenis dan funsi alat yang digunakan dan jenis-jenis produk yang dihasilkan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengumpulan data skunder yaitu dengan mewawancarai secara langsug pemilik industry kerajinan bambu dan melakukan pengamatan proses pengolahan bambu menadi produk kerajinan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Proses pengolahan bahan baku bambu apus menjadi produk kerajinan adalah sebagai berikut: penebangan bambu, pemotongan bambu, pembelahan bambu, penjemuran bambu, pengawetan bambu, perautan bambu, pewarnaan bambu, penganyaman bambu, pembikaian, proses pengamplasan, proses pemutihan, proses penetralan dan proses pengeringan produk. Kebutuhan bahan baku perbulan adalah sebanyak 50 batang yang berdiameter kecil sedangkan yang berdiameter besar sebanyak 30 batang perbulan. Alat-alat yang digunakan dalam proses pengolahan bambu antara lain mesin bor, amplas berukuran 1000 grit, parang (golok). Jenis-jenis produk kerajinan yang dihaslkan antara lain mebel bambu, produk lampu hias, produk tempat tisu, produk keranjang buah dan produk lampion.

Kata kunci : Bambu, Produk Kerajinan, Dusun Brajan

LOADING LIST...
metrixjheffry@gmail.com
M. Darul Falah, S. Hut.,MP - Personal Name
Jefrianus koe - Personal Name
Karti Kahayu K, S. Hut, MP (P) - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...