Dina Mardhatilah, STP. MSi; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Karakteristik Kopi Arabika Bondowoso, Kopi Temanggung, Kopi Merapi Dengan Variasi Lama Penyangraian


Telah di lakukan penelitian Karakteristik Kopi Arabika Bondowoso, Kopi Arabika Temanggung, Kopi Arabika Merapi Dengan Variasi Lama Penyangraian’ Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jenis-jenis kopi arabika dan lama penyangraian terhadap sifat fisik kimia dan sifat organoleptik serta untuk menentukan jenis kopi Arabika dan lama waktu penyangraian yang dapat menghasilkan kopi bubuk yang disukai penelis .
Rancangan penelitian yang digunakan Rancangan Blok Lengkap (RBL) dengan dua faktor. Faktor pertama adalah jenis kopi arabika A1 (kopi arabika Bondowoso) A2 (kopi arabika temanggung) A3 (kopi arabika merapi).Faktor kedua adalah lama penyangraian yang terdiri dari B1 (14 menit), B2 (17 menit) dan B3 (20 menit). Parameter yang di amati dalam penelitian ini meliputi,kadar air ,kadar abu , kadar kafein, keasaman (pH), dan uji kesukaan terhadap aroma ,warna dan rasa.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa jenis kopi dan lama waktu penyangraian berpengaruh nyata terhadap, kadar air ,kadar abu , kadar kafein, keasaman (pH), serta uji organoleptik yaitu rasa, warna tetapi tidak berpengaruh terhadap uji kesukaan aroma. Berdasarkan uji kesukaan. A1B3 (kopi arabika Bondowoso dan lama penyangraian 20 menit) mendapat nilai tertinggi 5 (agak suka), dengan komposisi kimia sebagai berikut: kadar air 4,25%, kadar abu 2,71%, kadar kafein 1,8% dan keasaman atau pH 6,13.

LOADING LIST...
dedyaulia24@gmail.com
Dina Mardhatilah, STP. MSi - Personal Name
Dedy Aulia Sidik - Personal Name
ir.Siti Achadiyah,MS (P) - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2020
YOGYAKRTA
LOADING LIST...