Ariansyah Perdana; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PEMBUATAN SIRUP BUNGA TELANG (CLITORIA TERNATEA) DENGAN PENAMBAHAN Na-CMC (NATRIUM KARBOKSIMETIL SELULOSA) DARI PELEPAH SAWIT


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi ekstrak bunga telang dan konsentrasi NaCMC terhadap sifat kimia, fisik dan organoleptik dan juga memperoleh jumlah air untuk ekstraksi bunga telang yang tepat sehingga dapat dihasilkan sirup bunga telang dengan sifat kimia, fisik serta organoleptik terbaik.
Penelitian ini dilakukan menggunakan rancangan blok lengkap (RBL) 2 faktor. Faktor pertama yaitu perbandingan jumlah bunga kering : air yang terdiri dari tiga taraf A1= 25g: 400ml, A2 = 35g : 400ml, A3 = 45g : 400ml. Faktor kedua yaitu penambahan NaCMC B1= 0,03% (0,12g), B2= 0,05% (0,2g), B3= 0,07% (0,28g). Parameter analisis terhadap sirup bunga telang meliputi: aktivitas antioksidan, gula total, pH, viskositas, uji organoleptik terhadap warna, aroma, rasa dan kenampakan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan jumlah bunga telang kering dengan air berpengaruh terhadap aktivitas antioksidan, pH, rasa, dan viskositas, namun tidak berpengaruh terhadap kadar gula total, kesukaan warna, aroma, dan kenampakan. Penambahan NaCMC berpengaruh terhadap viskositas dan tidak berpengaruh terhadap aktivitas antioksidan, kadar gula total, pH, kesukaan warna, aroma, kenampakan, dan rasa. Dari hasil uji organoleptik secara keseluruhan, sirup bunga telang yang paling disukai adalah pada A2 perbandingan (bunga telang dengan air = 35g : 400 ml) dengan skor kesukaan 5,01 (agak suka) dan penambahan Na-CMC B1 (0,12 g) dengan skort kesukaan 4,93 (agak suka).

LOADING LIST...
ariansyahperdana@gmail.com
Ariansyah Perdana - Personal Name
Dr. Maria Ulfah, STP, MP - p - Personal Name
Ir. Siti Achadijah, MS. - Personal Name
NONE
Text
INSTPER
2020
YOGYAKATA
LOADING LIST...