Ir. Siti Achadijah, MS; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PEMBUATAN PERMEN DARI CBS (Cocoa Butter Substitute) DENGAN PENAMBAHAN EKSTRAK BUAH KERSEN (Muntingia Calabura)


PEMBUATAN PERMEN DARI CBS (Cocoa Butter Substitute) DENGAN PENAMBAHAN EKSTRAK BUAH KERSEN
(Muntingia Calabura)
Said Aldie Hidayat Gustian Effendi1
1Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian INSTIPER
2Dosen Fakultas Teknologi Pertanian INSTIPER
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh substitusi CB dengan CBS serta penambahan ekstrak buah kersen terhadap sifat kimia dan organoleptik permen yang dihasilkan dan menentukan perbandingan CB dan CBS dengan penambahan ekstrak buah kersen yang menghasilkan permen coklat yang disukai konsumen.
Penelitian ini dilakukan menggunakan rancangan blok lengkap (RBL) 2 faktor. Faktor pertama yaitu perbandingan CBS dan CB yang terdiri dari 3 taraf (A1= 40% : 10 %, A2= 30% : 20%, A3= 0% : 50%). Faktor kedua yaitu penambahan ekstrak buah kersen (B1= 10 %, B2= 15 %, B3=20 %). Pada permen yang dihasilkan dilakukan analisis kimia meliputi kadar air, kadar lemak, antioksidan, gula total dan uji kesukaan meliputi warna, aroma, rasa dan tekstur.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, persentase CBS dan CB memberikan pengaruh sangat nyata terhadap kadar air, kadar lemak, gula total, warna, rasa dan aroma dan tidak berpengaruh terhadap antioksidan dan tekstur. Sedangkan penambahan ekstrak buah kersen memberi pengaruh terhadap antioksidan dan gula total, dan tidak ada berpengaruh nyata terhadap uji organoleptik. Uji kesukaan panelis secara keseluruhan yang paling disukai panelis pada perbandingan CBS dan CB A3 ( 0% : 50% ) dan penambahan ekstrak buah kersen B3 (20%).
Kata kunci : Permen coklat, ekstrak buah kersen , CBS dan CB

LOADING LIST...
NONE
Text
LOADING LIST...