Ir. Kusumastuti, M.Sc (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Nugget Ayam Dengan Variasi Campuran Tepung Tapioka, Tepung Beras Merah, Dan Bubuk Bayam Merah (Amaranthacea Gangeticus)


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi perbandingan tepung tapioka, tepung beras merah dan bayam merah terhadap sifat kimia dan organoleptik nugget yang dihasilkan. Memperoleh variasi campuran tepung tapioka, tepung beras merah dan bubuk bayam merah untuk menghasilkan nugget yang paling disukai konsumen dan yang memperoleh aktivitas antioksidan tinggi.
Rancangan percobaan yang dilakukan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan satu faktor yaitu variasi perbandingan tepung tapioka, tepung beras merah, dan bubuk bayam merah yang teridiri dari A1 = (5 : 6 : 4), A2 = (5,5 : 5 : 4,5), A3 = (6 : 4 : 5), A4 = (6,5 : 3 : 5,5), A5 = (7 : 2 : 6), dan A6 = (7,5 : 1 : 6,5). Analisis sifat kimia nugget meliputi kadar air, kadar abu, kadar protein. Sedangkan untuk uji organoleptik nugget meliputi kesukaan warna, rasa, tekstur, dan aroma.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi campuran tepung tapioka, tepung beras merah, dan bubuk bayam merah berpengaruh nyata terhadap kadar abu, kadar protein, dan aktivitas antioksidan. Perlakuan terbaik berdasarkan uji organoleptik yaitu pada campuran A1 (5 tepung tapioka : 6 beras merah : 4 bayam merah) dengan skor sebesar 5,19 (agak suka). Perlakuan aktivitas antioksidan tertinggi diperoleh pada nugget dengan campuran A6 (7,5 tepung tapioka : 1 beras merah : 6,5 bubuk bayam merah) yaitu sebesar 69,78


LOADING LIST...
ariepriyoga156@gmail.com
Ir. Kusumastuti, M.Sc (P) - Personal Name
Ir. Sunardi, M.Si - Personal Name
Arie Priyoga - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...