Ir. Adi Ruswanto, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Minuman Fungsional Daun Kopi Robusta (Coffea canephora Pierre) Dan Daun Stevia (Stevia Rebaudiana Bertoni M.)


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh metode pengeringan dan penambahan daun stevia terhadap sifat kimia serta tingkat kesukaan pada minuman fungsional daun kopi, serta mengetahui metode pengeringan (oven suhu rendah, oven suhu tinggi dan sinar matahari) dan penambahan daun stevia yang terbaik pada pengolahan daun kopi sebagai minuman fungsional.
Rancangan penelitian yang digunakan rancangan blok lengkap (RBL) dengan dua faktor yaitu, faktor pertama adalah metode pengeringan (M) yang terdiri 3 taraf M1 = oven suhu rendah 40-46 oC 4 jam, M2 = oven suhu tinggi 105 oC 30 menit, M3 = sinar matahari 32-35 oC 20 jam sedangkan faktor kedua adalah penambahan daun stevia (G) yang terdiri dari 3 taraf G1 = 2%, G2 = 4%, (G3 = 6%. Produk yang dianalisis terdiri dari kadar abu, kadar air, kadar sari, gula reduksi, aktivitas antioksidan, viskositas serta uji kesukaan warna, aroma, rasa. Data hasil pengamatan di uji statistik ANAKA dan untuk mengetahui produk yang berbeda dengan uji duncan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pengeringan daun kopi dan penambahan daun stevia berpengaruh terhadap sifat kimia sebagai berikut: kadar gula reduksi, aktivitas antioksidan, dan tingkat kesukaan warna, aroma, rasa seduh. Berdasarkan tingkat kesukaan panelis maka yang terbaik pada organoleptik yaitu M3G1 dengan skor 5,292 (agak suka) dengan kadar air sebesar 7,267%, kadar abu sebesar 9,529%, kadar sari sebesar 23,532%, kadar gula reduksi sebesar 2,481%, aktivitas antioksidan sebesar 50,057%, dan viskositas sebesar 2,850 Na/m2.

LOADING LIST...
Novanakbar73@gmail.com
Ir. Adi Ruswanto, MP (P) - Personal Name
Ir. Siti Achadiyah, MS - Personal Name
Novan Faizal Akbar - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...