Ir. Adi Ruswanto, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Karakterisasi Teh Herbal Dengan Perbandingan Daun Kersen dan Daun Mint Serta Penambahan Daun Stevia Sebagai Pemanis Alami


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perbandingan bubuk daun kersen, dengan daun mint dan konsentrasi daun stevia terhadap aktivitas antioksidan pada teh herbal daun kersen yang di sukai konsumen dengan aktivitas antioksidan tinggi.
Rancangan penelitian yang digunakan rancangan blok lengkap (RBL) dengan dua factor yaitu, faktor pertama adalah perbandingan daun kersen dan daun mint (A) yang terdiri 3 taraf (A1 = 2 gram : 2 gram), (A2 = 6 gram : 2 gram), (A3 = 6 gram : 2 gram) sedangkan faktor kedua adalah konsentrasi penambahan daun stevia (E) yang terdiri dari 3 taraf (E1 = 1%), (E2 = 2%), (E3 = 4%). Produk dianalisis kadar abu, kadar air, aktivitas antioksidan, gula reduksi, serta uji kesukaan warna, aroma, rasa. Data hasil pengamatan di uji statistik analisa keragaman dan dengan uji duncan untuk mengetahu bedanyata antar perlakuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan daun kersen dengan daun mint dan penambahan konsentrasi daun stevia sebagai pemanis alami berpengaruh terhadap aktivitas antioksidan, uji kesukaan warna, aroma, rasa teh herbal dan tidak berpengaruh terhadap kadar abu dan kadar air. Kesukaan keseluruhan tertinggi terdapat pada perlakuan A3E3 yang terdiri dari perbandingan daun kersen dengan daun mint 3 : 1 dan persentase daun stevia 4%, sebesar 4,91 = netral, dengan aktivitas antioksidan sebesar 86,174%, kadar gula reduksi 1,144 %, kadar air 4,25%, kadar abu 9,68%.
LOADING LIST...
ubayhanif19@gmail.com
Ir. Adi Ruswanto, MP (P) - Personal Name
Ir. Sunardi, M.Si - Personal Name
Ubai Rabbani Hanif - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...