STEFANI MARIA MAO; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KAJIAN PEMBUATAN BERAS ANALOG BERBAHAN DASAR CAMPURAN TEPUNG MOCAF (MODIFIED CASSAVA FLOUR) DAN TEPUNG MAIZENA DENGAN PENAMBAHAN TEPUNG KULIT BUAH NAGA MERAH SEBAGAI PEWARNA ALAMI


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbandingan tepung mocaf dan tepung maizena dengan penambahan tepung kulit buah naga merah terhadap karakteristik beras analog dan untuk menentukan perbandingan campuran terbaik yang menghasilkan beras analog yang disukai atau diterima konsumen.
Metode penelitian yang digunakan yaitu Rancangan Blok Lengkap (RBL) dan terdiri dari dua faktor. Faktor pertama adalah variasi bahan beras analog yaitu: A1 (tepung mocaf 25% : tepung maizena 75%), A2 (tepung mocaf 50% : tepung maizena 50%), A3 (tepung mocaf 75% : tepung maizena 25%). Sedangkan faktor kedua yaitu: variasi presentase penambahan tepung kulit buah naga merah terdiri dari 3 taraf, yaitu: B1 (4 %), B2 (6 %), B3 (8 %). Kemudian dianalisis kadar air, kadar pati, kadar protein, kadar antioksidan, cooking time, dan uji organoleptik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan campuran tepung mocaf dengan maizena dan tepung kulit buah naga berpengaruh sangat nyata terhadap kadar protein, aktivitas antioksidan, kesukaan warna dan kesukaan rasa. Beras analog dengan perbandingan campuran tepung mocaf 50% denngan maisena 50% dan penambahan tepung kulit buah naga 6% lebih disukai dari segi warna dan aroma.

LOADING LIST...
maostefi@gmail.com
STEFANI MARIA MAO - Personal Name
Ir. Sunardi M.Si (P) - Personal Name
Reza Widyasaputra S.TP M.Si - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...