Ngatirah, SP.MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pemurnian Biodiesel Minyak Goreng Curah Menggunakan Arang Aktif Sekam Padi


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbandingan jumlah presentase penambahan arang aktif dan waktu adsorbsi arang aktif dalam pemurnian biodiesel minyak goreng curah. Untuk menentukan variasi terbaik dari jumlah presentase penambahan arang aktif dan lama waktu adsorbsi pada pemurnian biodiesel.
Rancangan penelitian yang digunakan Rancangan Blok Lengkap (RBL) dengan dua faktor. Faktor pertama adalah presentase penambahan arang aktif yang terdiri dari A1 (1%), A2 (3%) dan A3 (5%). Faktor kedua adalah waktu adsorbsi arang aktif yang terdiri dari B1 (30 menit), B2 (60 menit) dan B3 (90 menit). Analisis untuk mengetahui karakteristik arang aktif sekam padi adalah daya serap iodin. Sedangkan setelah pemurnian biodiesel dilakukan analisis yang meliputi densitas, bilangan penyabunan, bilangan asam, gliserol bebas dan metil ester.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa arang sekam padi memiliki kandungan silika serta memiliki kapasitas adsorpsi sebesar 42,347 mg/g. Penambahan arang aktif sekam padi berpengaruh terhadap densitas, bilangan penyabunan dan bilangan asam. Lama waktu adsorbsi berpengaruh terhadap bilangan penyabunan, tetapi tidak berpengaruh terhadap densitas dan bilangan asam biodiesel. Berdasarkan penurunan tertinggi dari asam lemak bebas dan penyabunan, telah didapatkan hasil terbaik dengan variasi presentase arang aktif sekam padi sebanyak 3% dan lama waktu adsorbsi 90 menit. Untuk hasil gliserol bebas didapatkan nilai 0,07%, metil ester 26,92% dan belum memenuhi SNI 7182:2015.

LOADING LIST...
rifkijunna96@gmail.com
Ngatirah, SP.MP - Personal Name
Rifki Junna Ananta - Personal Name
Ir.Sunardi, M.Si - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...