Ir. Adi Ruswanto, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PLASTIK BIODEGREDABLE KULIT KAKAO (Theobroma cacao L.) DENGAN ALGINAT DAN KITOSAM


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbandingan bubuk kulit kakao dan alginat serta penambahan larutan kitosan dalam pembuatan biodegradable plastic kulit kakao dan menentukan jumlah perbandingan pencampuran pati dan alginat serta penambahan larutan kitosan yang paling baik dalam pembuatan biodegradable plastic kulit kakao.
Penelitian menggunakan Rancangan Blok Acak Lengkap (RBAL) dengan dua faktorial dengan dua kali ulangan. Faktor I yaitu perbandingan penggunaan bubuk kulit kakao dan Alginat (A) dengan taraf faktor A1 (1 : 1), A2 (2 : 1) dan taraf faktor A3 (1 : 2). Faktor II yaitu persentase penambahan larutan Kitosan (B) dengan taraf faktor B1 (1%),B2 (2%) dan taraf faktor B3 (3%). Produk dari Biodegrdable Plastic dianalisis dengan uji organoleptik berupa transparansi warna, kuat tarik, kehalusan permukaan, dan tingkat keberhasilan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan pod kakao dengan alginate berpengaruh terhadap tingkat transparansi warna, kuat tarik, kehalusan permukaan dan tingkat keberhasilan bioplastik kulit kakao. Penambahan kitosan 2% tidak berpengaruh terhadap nilai transparansi warna, tingkat kehalusan permukaan dan tingkat keberhasilan bioplastik kulit kakao, tetapi berpengaruhterhadap nilai kuat tarik bioplastik kulit kakao.Hasil biodegrdable plastic dengan nilai terbaik terdapat pada perbandingan pati dan alginat 1 : 2 dan persentase penambahan larutan kitosan konsentrasi 2%sebanyak 3% dengan nilai transparansiwarna tertinggi 4,03 (agak transparan) nilai kuat tarik4,13(agak baik)nilai kehalusan permukaan2,25(sangat tidak baik)dan nilai tingkat keberhasilantertinggi yaitu 3,47(tidak berhasil).

Kata Kunci :Bubuk kulit kakao, alginat, kitosan, biodegradable plastic
LOADING LIST...
denmasrizha@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...