Ngatirah, SP. MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PEMBUATAN SILASE DAUN KELAPA SAWIT YANG DIPERKAYA DENGAN SUMBER PROTEIN


Pembuatan Silase Daun Kelapa Sawit Yang Diperkaya Dengan Sumber Protein

Titin Wijayanti1, Ngatirah2, Dina Mardhatilah2

Jurusan Teknologi Hasil Pertanian
Fakultas Teknologi Pertanian
Institut Pertanian STIPER Yogyakarta

ABSTRAK
Telah dilakukan penelitian tentang pembuatan silase daun kelapa swit yang diperkaya sumber protein. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan sumber protein dalam bentuk maggot, bungkil inti sawit dan bekatul terhadap kandungan protein pada silase daun kelapa sawit yang dihasilkan dan menentukan waktu fermentasi terbaik untuk menghasilkan silase dengan kadar protein terbaik sesuai dengan SNI.
Metode penelitian yang digunakan yaitu Rancangan Blok Lengkap (RBL) dan terdiri dari dua faktor. Faktor pertama adalah variasi jenis sumber protein yang terdiri dari 3 taraf yaitu: A1 (maggot), A2 (bungkil int sawit), A3 (bekatul). Faktor kedua adalah rasio (perbandingan) lama fermentasi yang terdiri dari 3 taraf yaitu: B1 (3 hari), B2 (6 hari), B3 (9 hari).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Variasi sumber protein maggot, bungki inti sawit dan bekatul berpengaruh sangat nyata terhadap silase yang meliputi kadar protein , kadar serat kasar dan kadar lemak silase. Tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap kadar abu dan kadar air. Lama fermentasi 3 hari, 6 hari dan 9 hari dapat memberikan pengaruh sangat nyata terhadap silase yang meliputi kadar air, kadar abu, kadar protein, dan kadar serat kasar. Tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap kadar lemak. Berdasarkan hasil perlakuan terbaik terdapat pada silase dengan dengan bahan maggot dengan lama fermentasi 9 hari yaitu kadar air 38,45%, kadar abu 9,68%, kadar protein 11,65%, kadar serat 7,76% dan kadar lemak 5,99%

Kata Kunci : silase, fermentasi, daun kelapa sawit, maggot, bekatul, bungkil.
LOADING LIST...
titinwijayantisrt@gmai.com
Ngatirah, SP. MP (P) - Personal Name
Dina Mardhatilah, STP. MSi - Personal Name
Titin Wijayanti - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...