Ir. Sugeng Wahyudiono, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

TAKSIRAN POTENSI STANDING STOCK SENGON (Paraserianthes falcataria) DI DUSUN BATUR, DESA KEPUHARJO, KECAMATAN CANGKRINGAN, KABUPATEN SLEMAN, YOGYAKARTA


Hutan rakyat merupakan hutan yang berada pada tanah yang dibebani hak milik. Hutan rakyat memiliki berbagai jenis potensi yang dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh pemilik lahan. Salah satu contoh pemanfaatan lahan untuk hutan rakyat terjadi di Dusun Batur. Masyarakat Dusun Batur memanfaatkan lahan dengan menanami kayu jenis sengon untuk membantu meningkatkan perekonomian, sehingga diperlukan sebuah analisis untuk mengetahui potensi taksiran Standing Stock kayu sengon agar pengelolaan lahan hutan rakyat tetap lestari. Tujuan penelitian taksiran Standing Stock adalah untuk menaksir potensi sengon yang berada di Dusun Batur.
Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel dilapangan dengan menggunakan metode stratifikasi proposional sampling untuk menentukan luas lahan kepemilikan, metode purposive sampling untuk menentukan plot ukur (PU), dan metode nested sampling untuk menghitung populasi. Analisis data dengan menggunakan Software Microsoft Excel dan Sexl-FS untuk menghitung volume per pohon, per petak ukur, per hektar, serta melakukan rekapitulasi volume standing stock berdasarkan luasan lahan.
Hasil analisis data dengan menggunakan Microsoft Excel dan Sexl-FS diperoleh taksiran volume standing stock sengon (Paraserianthes falcataria) pada kategori luas sebesar 142,10 m³, kriteria sedang sebesar 460,23 m³, dan kriteria kecil sebesar 121,86 m³. Total volume secara menyeluruh yang didapat dari hasil inventarisasi di Dusun Batur sejumlah 2002,27 m³.

LOADING LIST...
puntapatria@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...