Dr. Ir. Hermantoro, MS (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH TITIK TANAM PADA RELIEF DI LAHAN BERBUKIT TERHADAP KARAKTER AGRONOMI KELAPA SAWIT


Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh titik tanam pada relief di lahan berbukit terhadap karakter agronomi kelapa sawit telah dilakukan di PT. Sinar Kencana Inti Perkasa, Rajawali Estate, Perkebunan SMART Tbk. Papua.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode observasi lapangan untuk mendapatkan data primer yang terdiri dari jumlah bunga betina anthesis, jumlah bunga jantan anthesis, sex ratio, berat TBS, panjang TBS, diameter TBS, tinggi batang, diameter batang, luas daun, lebar kanopi. Pengambilan data primer diperoleh dengan cara menentukan masing-masing 3 blok sampel tanaman kelapa sawit dengan arah timur – barat dengan relief puncak, tengah, dan lembah. Pada masing-masing blok terdapat lima baris tanaman dengan jarak 5 pokok. Data hasil penilitian dianalisis dengan menggunakan t test pada jenjang nyata 5 %.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa relief puncak memberikan hasil yang lebih baik pada berat TBS, panjang TBS, diameter TBS dengan sex ratio tertinggi pada relief tengah. Relief pada lahan berbukit berpengaruh terhadap produksi kelapa sawit.
LOADING LIST...
roncalli.diogo@gmail.com
Dr. Ir. Hermantoro, MS (P) - Personal Name
Ir. Neny Andayani, MP. - Personal Name
Yohanes Roncalli Diogo - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2020
YOGYAKRTA
LOADING LIST...