Dr. Yohana Theresia Maria Astuti, MSi; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Ukuran Besar Batang Terhadap Hasil Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jacq.)


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik fisik dan produksi kelapa sawit (Elaeis guineensis Jacq) pada berbagai ukuran batang kelapa sawit. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober hingga Desember 2019, di perkebunan PT Sawitmas Sejahtera, yang terletak di Desa Tanjung Laut, Kecamatan Suak Tapeh, Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatra Selatan.
Objek yang diteliti adalah tanaman kelapa sawit varietas Dami Mas yang dibudidayakan di dataran rendah (0-100 mdpl). Tanaman yang diambil sebagai sampel adalah tanaman yang berumur 5 tahun (telah berproduksi). Karakteristik yang diamati adalah produksi tandan, ketebalan petiole, panjang pelepah dan tinggi tanaman. Penelitian ini menggunakan 45 sampel yang dikelompokkan sesuai dengan ukuran diameter batang yaitu ukuran kecil, sedang dan besar. Pada masing-masing ukuran tersebut diambil 15 sampel tanaman dengan jenis varietas dan umur yang sama. Untuk melihat perbedaan produksi kelapa sawit pada tiga jenis ukuran batang, data hasil pengamatan lapangan dianalisis menggunakan uji t pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran diameter batang kelapa sawit tidak mempengaruhi secara signifikan atau tidak berbeda nyata. Dari hasil analisis ini tidak ada perbedaan pertumbuhan bagian generatif maupun bagian vegetatif tanaman kelapa sawit pada tiap ukuran besar batang yang dibandingkan. Hal ini terjadi berkaitan dengan varietas yang sama, umur yang sama, lokasi yang sama, syarat tumbuh, dan pengelolaan tanaman kelapa sawit yang yang mampu dipenuhi dengan baik pada kebun penelitian sehingga mampu memberikan hasil yang merata bagi tanaman budidaya.
LOADING LIST...
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...