Musthofiyyah; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Karakteristik Biopelet Campuran Arang dan Cangkang Kelapa Sawit dengan Serbuk Kayu


Telah dilakukan penelitian tentang karakteristik biopelet campuran arang dan cangkang kelapa sawit dan serbuk kayu. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh variasi jenis biomassa biopelet dengan penambahan serbuk kayu terhadap kualitas pembakaran biopelet.
Metode penelitian yang digunakan yaitu Rancangan Blok Lengkap (RBL). Variasi jenis biomassa biopelet berupa cangkang kelapa sawit (A1), arang cangkang kelapa sawit (A2), dan campuran cangkang sawit dan arang cangkang sawit (A3) dengan penambahan serbuk kayu 15% (B1), 30% (B2), dan 45% (B3). Kualitas biopelet diukur berdasarkan SNI 8021:2014 dengan analisis kadar air, kadar abu, nilai kalor, dan laju pembakaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi jenis biomassa biopelet dan variasi penambahan serbuk kayu berpengaruh sangat nyata terhadap kadar air, kadar abu, niai kalor, dan laju pembakaran. Perlakuan biopelet campuran arang cangkang kelapa sawit dengan serbuk kayu 15% (A2B1) menghasilkan nilai kalor tertinggi yaitu 6109,72 kal/g, kadar air 8,83%, kadar abu 3,53%, dan laju pembakaran 25,68 g/s
LOADING LIST...
fiatopia76@gmail.com
Musthofiyyah - Personal Name
Dina Mardhatilah, S.TP., M.Si. (P) - Personal Name
Ir. Sunardi M.Si - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...