Dr. Ir. Danang Manumono, MS; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Keragaan Agribisnis Kopi Rakyat Di Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman


ABSTRAK
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keragaan agribisnis kopi yang mencakup produksi, pendapatan, dan pemasaran. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juni 2020 di desa Glagaharjo dan desa Kepuharjo, Cangkringan, Depok, Sleman, Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan metode dasar yaitu metode Deskriptif, metode penentuan lokasi dan waktu penelitian menggunakan metode purposive sampling yaitu pertimbangan atau tujuan – tujuan dari penelitian, metode penentuan sample secara perposive sampling yaitu sample didapat berdasarkan informasi dari informan, metode pengambilan dan pengumpulan data yaitu data primer yang didapat dengan cara wawancara dan data sekunder, analisis data yang digunakan analisis tabel yang digunakan untuk analisis pendapatan dan analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Produksi yang dihasilkan petani kopi dikecamatan cangkringan sedikit yang dipengaruhi oleh luas lahan yang dimiliki petani kopi juga sedikit. rata –rata produksi 316 kg. Pendapatan yang dihasilkan oleh petani dari hasil usaha tani kopinya dengan pendapatan bersih rata – rata dengan menjual basah sebesar Rp 1.170.200 . Pendapatan bersih rata – rata ketika menjual kering sebesar Rp. 5.450.478 dengan begitu pendapatan yang diperoleh petani sedikit dikarenakan juga dalam per luas lahan usaha tani tidak seluruhnya tanaman kopi ada juga tanaman lainnya dan sangat lebih tinggi ketika petani menjual kopinya dengan kering, dan karena adanya kerja sama petani dengan koperasi yang menerima hasil dari kopi masyarakat atau petani di kecamatan cangkringan jadi petani tidak sulit untuk menjual atau memasarkan hasil produksi kopinya
Kata kunci : Keragaan Agribisnis, Kopi

LOADING LIST...
dedirahmad822@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...