Dr. Yohana Theresia Maria Astuti, MSi; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUS ASAL DAN KONSENTRASI URINE TERHADAP PEMBIBITAN KELAPA SAWIT PRE NURSERY


ABSTRAK
Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui asal dan konsentrasi urine terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit pre nursery. Penelitian dilaksanakan di desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Ketinggian tempat penelitian 118 mdpl. Penelitian dilaksanakan mulai dari bulan Februari – Mei 2019.
Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan acak lengkap (RAL) yang terdiri dari dua faktor yaitu jenis urine terdiri dari 3 aras (kontro, urine kelinci dan urine kambing) dan konsentrasi terdiri dari 3 aras (40ml/liter, 80ml/liter dan 120ml/liter). Dari kedua faktor tersebut diperoleh 9 kombinasi perlakuan dan masing-masing kombinasi perlakuan sebanyak 4 ulangan. Data hasil penelitian dianalisis dengan sidik ragam pada jenjang nyata 5%. Data yang berbeda nyata diuji lanjut dengan DMRT 5%.
Hasil analisis menunjukkan tidak ada interaksi nyata antara konsentrasi dan jenis urine terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Aplikasi urine kelinci dan urine kambing dengan konsentrasi 40 ml dan 80 ml mampu meningkatkan pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Urine kelinci dan urine kambing berpengaruh sama terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery.

Kata kunci : urine kelinci, urine kambing, regusol, kelapa sawit

LOADING LIST...
bambangs.bw17@gmail.com
NONE
Text
INSTPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...