Dr. Ir. Candra Ginting, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH TINGGI GENANGAN DAN JUMLAH BIBIT TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN PADI


INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tinggi genangan dan jumlah bibit serta interaksinya terhadap pertumbuhan padi. Penelitian ini dilakukan di Dusun Jenengan, Maguwoharjo, Depok, Sleman, DIY pada bulan Januari sampai dengan Mei 2020.
Penelitian ini dilaksanakan secara eksperimen dengan menggunakan
Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial dengan 4 ulangan sebagai kelompok. Faktor pertama adalah tnggi genangan yang terdiri dari 3 aras, yaitu macak - macak, 5 cm, dan 10 cm. Faktor kedua adalah jumlah bibit yang terdiri dari 3 aras, yaitu 1 bibit, 3 bibit, dan 5 bibit. Analisis data menggunakan sidik ragam (Analisys of variance) pada taraf α 5%. Apabila terdapat beda nyata, dilanjutkan dengan uji DMRT (Duncan’s Multiple Range Test) pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan tidak adanya interaksi antara perlakuan tinggi genangan dan jumlah bibit terhadap pertumbuhan padi. Perlakuan tinggi genangan 5 cm dan 10 cm memberikan pertumbuhan yang lebih baik pada parameter berat segar akar, berat kering akar, berat segar tajuk, berat kering tajuk, dan jumlah anakan. Perlakuan jumlah bibit 3 bibit memberikan pertumbuhan yang lebih baik pada parameter jumlah anakan dan perlakuan jumlah bibit 1 bibit memberikan pertumbuhan yang lebih baik pada parameter panjang malai.

Kata kunci : Padi, Tinggi Genangan, dan Jumlah Bibit

LOADING LIST...
benniseptiyan@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...