Ir. Wiwin Dyah Ully Parwati, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH TANDAN KOSKONG KELAPA SAWIT SEBAGAI CAMPURAN MEDIA TANAM DAN FREKUENSI PENYIRAMAN PADA PEMBIBITAN KELAPA SAWIT DI PRE NURSERY


INTISARI
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh tandan kosong sebagai campuran media tanam dan frekuensi penyiraman pada pertumbuhan bibit kelapa sawit. Penelitian ini dilaksanakan di Maguwoharjo, Depok Sleman, Yogyakarta pada tanggal 15 maret 2019 sampai dengan 15 juni 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode percobaan yang disusun dalam rancangan acak lengkap (RAL) yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama adalah Tankos (T) yang terdiri dari 4 aras , yaitu T0 = kontrol(tandan kosong 0g), T1 = tandan kosong 200g, T2 = tandan kosong 300g, dan T3 = tandan kosong 400g . Faktor kedua adalah frekuensi penyiraman (P) terdiri dari 3 aras, yaitu P1 = penyiraman sehari dua kali, P2 = penyiraman sehari sekali, P3 = penyiraman satu kali dua hari. Data yang diperoleh dianalisis dengan analysis of variance (sidik ragam), apabila signifikan dilanjutkan dengan uji jarak berganda Duncan New Multiple Range Test (DMRT) pada jenjang nyata 5 %.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, tidak ada interaksi nyata antara media tanam campuran tankos dan frekuensi penyiraman terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Pada media tanam tanpa campuran tankos atau kontrol menunjukkan laju pertumbuhan yang lebih baik daripada media tanam dengan campuran tankos.Frekuensi penyiraman 1x dua hari sudah memenuhi kebutuhan air di pembibitan pre nursery.
Berdasarkan standar mutu fisik dari hasil Keputusan Menteri Pertanian Republik Indonesia,hasil dari penelitian pada parameter tinggi tanaman dan jumlah daun belum masuk kedalam kategori pertumbuhan tanaman yang baik.
Kata kunci : Kelapa sawit, pembibitan pre nursery, tandan kosong, frekuensi penyiraman.

LOADING LIST...
rizkiandre43@gmail.com
NONE
Text
INSTPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...