Dr. Dimas Deworo Puruhito, SP., MP.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA DI PERKEBUNAN KELAPA SAWIT (Studi kasus di PT. Harapan Hibrida Kalbar, Desa Pangkalan Muntai, Kecamatan Sukamara, Kabupaten Sukamara, Kalimantan Tengah)


PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PANEN DI PERKEBUNAN KELAPA SAWIT
(Studi kasus di PT. Harapan Hibrida Kalbar, Desa Pangkalan Muntai, Kecamatan Sukamara, Kabupaten Sukamara, Kalimantan Tengah)
RYAN ROFIQO RAHMAN
14/16221/EP

INTISARI
Penelitian ini mengenai “Produktivitas Tenaga Kerja Panen Di Perkebunan Kelapa Sawit (Studi kasus di PT. Harapan Hibrida Kalbar, Desa Pangkalan Muntai, Kecamatan Sukamara, Kabupaten Sukamara, Kalimantan Tengah)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui produktivitas tenaga kerja panen perkebunan kelapa sawit di PT. Harapan Hibrida Kalbar serta menganalisis pengaruh umur, tingkat pendidikan, jumlah tanggungan, lama bekerja, dan topografi lahan datar/miring terhadap produktivitas tenaga kerja panen perkebunan kelapa sawit.
Metode dasar yang digunakan adalah metode deskriptif dengan cara mengumpulkan data melalui wawancara, memberikan kuesioner, dan data-data administrasi perusahaan, kemudian disusun, dijelaskan dan dianalisis. Metode penelitian secara Purposive Sampling dengan teknik Simple Random Sampling dengan mengambil 40 sampel dalam 62 populasi yang terdiri dari 20 tenaga kerja panen kelapa sawit ditopografi lahan datar dan 20 tenaga kerja panen kelapa sawit ditopografi lahan miring.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan produktivitas pemanen pada lahan datar dan lahan miring berdasarkan umur, tingkat pendidikan, jumlah tanggungan, dan lama bekerja. Rata-rata produktivitas tenaga kerja panen kelapa sawit pada lahan datar adalah 2,018,93 kg/Hk, pada lahan miring adalah 1.733,05 kg/Hk.
Kata kunci : Produktivitas, Umur, Tingkat Pendidikan, Jumlah Tanggungan,
Lama Bekerja, Topografi Lahan.


LOADING LIST...
marvikorahman@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2020
YOGYAKRTA
LOADING LIST...