Ir. Umi Kusumastuti Rusmarini, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH VOLUME BIOSLURY DAN PUPUK NPK, NPKMg TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN PAKCOY (Brassica Rapa L.)


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi antara bioslurry dan pupuk NPK, NPKMg terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman pakcoy. Penelitian dilakukan di lahan sawah yang terletak di Maguwoharjo, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarata pada bulan Oktober sampai November 2019.
Penelitian ini menggunakan metode percobaan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri atas 2 faktor. Faktor pertama adalah macam pupuk yang terdiri dari 3 aras, yaitu Kontrol, NPK, dan NPKMg dan faktor kedua adalah volume Biosurry yang terdiri dari 4 aras yaitu Kontrol, 20ml, 30ml, dan 40ml pertanaman perlakuan. Dari kedua faktor tersebut diperoleh 12 kombinasi perlakuan, setiap kombinasi diulang 4 kali. Data hasil penelitian dianalisa menggunakan Analisis Of Varian (Anova) pada jenjang nyata 5%. Bila ada beda nyata dilakukan pengujian lanjut dengan menggunakan uji Duncan Multiple Range Test (DMRT) pada jenjang nyata 5%.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan ada interaksi antara pemberian pupuk NPK, NPKMg dengan volume Bioslury 20ml, 30ml, 40ml pada semua parameter yang diamati. Pemberian pupuk NPKMg yang ditambahkan dengan Bioslury volume 30ml dan 40ml per tanaman perlakuan dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman Pakcoy. Pemberian pupuk NPK dengan Bioslury volume 20ml,30ml dan 40ml pertanaman dan NPKMg dengan Bioslury volume 30ml dan 40ml pertanaman dapat meningkatkan hasil tanaman pakcoy (Sawi Sendok). Pemberian pupuk NPK dan kontrol dengan Bioslury volume 20ml, 30ml per tanaman memberikan warna hijau yang sesuai untuk konsumsi.


Kata kunci : Bioslurry, NPK dan NPKMg
LOADING LIST...
panpanandreyan12@gmail.com
Ir. Umi Kusumastuti Rusmarini, MP (P) - Personal Name
Ir. Enny Rahayu, MP - Personal Name
Pani Andreyani - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...