Sulastio Tamba; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Peran Koperasi Simpan Pinjam Terhadap Pengembangan Usaha Anggota Koperasi Simpan Pinjam Tani Makmur dan Koperasi BMT Barokah di Kabupaten Bantul, Yogyakarta.


Penelitian dengan judul peran Koperasi Simpan Pinjam (KSP) terhadap pengembangan usaha anggota ini bertujuan untuk mengetahui profil anggota Koperasi Simpan Pinjam Konvensional dan Koperasi BMT Barokah dan untuk mengetahui peran koperasi simpan pinjam terhadap pengembangan anggota di Kecamatan Kasihan dan Kecamatan Jetis, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Adapun yang diteliti yaitu : Umur, jumlah anggota keluarga, tingkat pendidikan formal, lamanya menjadi anggota, jumlah pinjaman, penggunaan pinjaman, pinjaman yang diharapkan, agunan atau jaminan, pinjaman dari badan usaha lain dan berdasarkan jumlah pinjaman.
Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Data diperoleh menggunakan kuisioner kepada 30 responden dengan menggunakan metode purposive sampling. Metode pengukuran variabel yang digunakan adalah metode kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan Profil anggota di Koperasi Tani Makmur dan Koperasi BMT Barokah memiliki perbedaan yaitu: Umur responden di Koperasi Simpan Pinjam Tani Makmur didominasi 51-61 tahun. Sedangkan di Koperasi BMT Barokah didominasi 38-50 tahun. Rata-rata jumlah anggota keluarga di Koperasi Simpan Pinjam Tani Makmur yaitu 4. Sedangkan rata-rata jumlah anggota keluarga di Koperasi BMT Barokah yaitu 2. Persentase tingkat Pendidikan Anggota di Koperasi Simpan Pinjam Tani Makmur yaitu SD dan persentase tingkat pendidikan Koperasi BMT Barokah yaitu Sarjana. Rata-rata lamanya menjadi Anggota di Koperasi Simpan Pinjam Tani Makmur yaitu 4 tahun dan Koperasi BMT Barokah yaitu 11 tahun.Koperasi Simpan Pinjam berperan sebagai sumber modal. Namun Penggunaan dana pinjaman oleh anggota tidak hanya digunakan untuk modal usaha, tetapi memiliki berbagai tujuan penggunaan dana pinjaman mereka, kebanyakan peminjam menggunakan dana pinjaman untuk meningkatkan usaha, tetapi ada juga yang menggunakannya untuk keperluan lain seperti biaya sekolah dan biaya berobat.
Kata kunci : Koperasi Simpan Pinjam (KSP), Pengembangan usaha anggota






LOADING LIST...
Sulastio Tamba - Personal Name
Dr. Ir. Purwadi, MS. - Personal Name
Dr. Ir. Agatha Ayiek Sih Sayekti, MP - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2020
YOGYAKATA
LOADING LIST...