Ir. Kusumastuti, MSc.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH WAKTU FERMENTASI DAN SUHU PENYANGRAIAN TERHADAP KUALITAS BUBUK KAKAO DI KAMPUNG COKLAT SENARA


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari perbedaan waktu fermentasi dan suhu penyangraian terhadap kualitas bubuk kakao yang dihasilkan oleh Kampung Coklat Senara dan mendapatkan waktu fermentasi dan suhu penyangraian terbaik untuk pembuatan bubuk kakao.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Rancangan Petak Terbagi (RPT) dengan dua Faktorial, faktor pertama adalah lama waktu fermentasi terdiri dari 2 taraf yaitu : F1 = 3 hari, F2 = 5 hari, dan faktor kedua adalah suhu penyangraian dengan 3 taraf yaitu : S1= 120oC, S2 = 130oC, S3 = 140oC dengan diulangi sebanyak 3 kali.
Waktu fermentasi pada biji kakao berpengaruh terhadap rendemen lemak, kadar lemak dan nilai organoleptik kesukaan (warna dan rasa), akan tetapi tidak berpengaruh pada kadar air, kadar abu dan nilai organoleptik kesukaan (aroma). Suhu penyangraian biji kakao berpengaruh terhadap rendemen lemak akan tetapi tidak berpengaruh pada kadar air, kadar abu dan nilai organoleptik (aroma, warna dan rasa. Fermentasi yang lebih lama akan menyebabkan meningkatnya rendemen lemak dan kadar lemak pada Bubuk kakao. Bubuk kakao dengan terbaik didapatkan pada fermentasi 5 hari dan suhu penyangraian 130oC dengan rendemen lemak 34,40%, kadar air 5,40%, kadar abu 5,04% dan kadar lemak 19,94%.

LOADING LIST...
fshrorrozi98@gmail.com
Ir. Kusumastuti, MSc. - Personal Name
Ir. Siti Achadiyah, MS. (P) - Personal Name
Fahror Rozi - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2020
YOGYAKRTA
LOADING LIST...