Tri Endar Suswatiningsih, SP., MP.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Kontribusi Usahatani Kopi Terhadap Pendapatan Rumah Tangga di Dusun Gintungan Desa Genting Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang


Penelitian ini mengenai Kontribusi Usahatani Kopi terhadap Pendapatan Keluarga lokasi penelitian ini di Dusun Gintungan Desa Genting Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat usahatani kopi, dan juga untuk mengetahui kontribusi usahatani kopi.
Data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder, data primer diperoleh dari petani melalui daftar pertanyaan yang sudah disiapkan, sedangkan data sekunder diperoleh dari kantor Desa. Metode penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan cara Random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 30 0rang . Analisis yang digunakan adalah Analisis deskriptif persentase dan analisis usahatani.
Hasli dari penelitian ini keadaan lahan yang digunakan untuk usahatani kopi bercampur dengan berbagai macam komoditas tanaman lain, hal ini sangat lazim dijumpai diperkebunan dijawa dikarenakan keterbatasan lahan yang tersedia sehingga mereka mengusahakan berbagai macam komoditas tanaman untuk mencukupi kebutuhan mereka. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa faktor pendorong dan penghambat usahatani kopi sangat berpengaruh terhadap kegiatan usahatani kopi. Untuk perbandingan kontribusi dari usahatani kopi dengan komoditas lain yaitu mencapai 40,75% , sedangkan kontribusi usahatani kopi terhadap pendapatan rumah tangga mencapai 24,85%.
LOADING LIST...
untungsusiyanto@gmail.com
NONE
Text
INSTPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...