Dr. Ir. Andreas Wahyu K, M.Eng (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH MUTU DAN PROPORSI BAHAN BAKAR TERHADAP KINERJA BOILER SEBAGAI PEMBANGKIT STEAM UNTUK OBLIQUE STERILIZER


Fibre dan shell merupakan limbah padat yang digunakan sebagai alternatif bahan bakar pada proses pembangkitan uap (steam) di stasiun boiler. Alasan penggunaan cangkang dan serabut sebagai bahan bakar boiler, dikarenakan kalor yang dihasilkan cangkang dan serabut sangat tinggi. Proporsi dan mutu uap yang dihasilkan oleh boiler dipengaruhi besarnya kualitas dan kuantitas bahan bakar cangkang dan serabut yang digunakan. Penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai dengan kualitas yang standar dapat menyebabkan proses pembakaran yang ada dalam tungku boiler berlangsung tidak sempurna, dan proporsi bahan bakar yang tersedia juga mempengaruhi proses kinerja unit pembangkit uap (boiler).
Tujuan dari penelitian ini adalah menguji dan mengetahui pengaruh kualitas dan proporsi bahan bakar yang digunakan terhadap kinerja boiler untuk membangkitkan steam. Penelitian dilakukan menggunakan metode observasi, dan perhitungan dengan persamaan matematis. Parameter yang diamati pada penelitian ini adalah penggunaan mutu bahan bakar dan jumlah proporsi bahan bakar yang digunakan dalam pembagkitan steam di boiler.
Dari hasil analisis dan perhitungan pada penelitian ini rata-rata througput yang didapatkan selama melakukan pengambilan data sebesar 54,001 ton/jam. Total perhitungan bahan bakar hasil teoritis 10,2602 ton/jam dan hasil kalibrasi, sebesar 10,2391 ton/jam. Hasil rata – rata steam flow sebesar 29,36 ton/jam dengan rata – rata suhu air umpan 77,95 ℃ serta rata – rata suhu steam 309,55 ℃, dan didapatkan nilai enthalpi air dan steam, untuk enthalpi air sebesar 75,0502 kKal/kg dan enthalpi uap sebesar 716,7782 kKal/kg. Hasil persamaan nilai koefisien korelasi mutu bahan bakar terhadap steam, untuk nilai kadar air sebesar r fibre = 0,077 serta r shell = 0,15, nilai kadar minyak fibre sebesar 0,0188 dan shell sebesar 0,0659, serta nilai kadar non oil solid fibre sebesar 0,0188 shell sebesar 0,0659 fibre 0,0479 pada shell 0,1153. Nilai koefisien korelasi proporsi penggunaan bahan bakar fibre sebesar 0,0196 dan untuk shell sebesar 0,028. Hasil persamaan regresi dari variabel mutu dan proporsi bahan bakar dengan steam yang dibangkitkan memiliki hubungan yang masih sangat lemah.

LOADING LIST...
alinugroho1997@gmail.com
Dr. Ir. Andreas Wahyu K, M.Eng (P) - Personal Name
Ir. Rochmadi Priyono, MBA - Personal Name
Ali Nugroho - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...