Dra. Suprih Wijayani, M.Si; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Chitosan Terhadap Pertumbuhan Bibit Kelapa Sawit yang Mengalami Defisiensi Air di Pembibitan Awal


Kekeringan merupakan salah satu masalah yang dihadapi di perkebunan kelapa sawit, terutama pembibitan. Chitosan dianggap salah satu alternatif untuk meningkatkan toleransi tanaman terhadap cekaman air. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh chitosan terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit yang mengalami defisiensi air dan mengetahui interaksi keduanya.
Penelitian ini menggunakan percobaan faktorial dengan model Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama yaitu dosis chitosan (0, 10, 20 dan 30 g/bibit) dan faktor kedua yaitu volume penyiraman (50, 100 dan 150 ml/2 hari/bibit) dengan 6 ulangan. Data yang diperoleh, selanjutnya dianalisis dengan analisis ragam pada jenjang nyata 5%. Apabila hasil analisis tersebut menunjukan adanya perbedaan, maka dilanjutkan dengan uji duncan dengan jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terjadi interaksi antara dosis chitosan dan volume penyiraman terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery dan aplikasi tanpa chitosan cenderung memberikan pengaruh yang lebih baik dari pada aplikasi dengan chitosan terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery.

LOADING LIST...
Kahfi Mubarok
Dra. Suprih Wijayani, M.Si - Personal Name
Dr. Ir. Herry Wirianata, MS. (P) - Personal Name
Kahfi Mubarok - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...