Dr. Ir. Danang Manumono, MS (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS KARET PETANI SWADAYA DI KABUPATEN TABALONG KALIMANTAN SELATAN


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Produktivitas karet rakyat swadaya di Kabupaten Tabalong 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas karet rakyat swadaya di Kabupaten Tabalong 3) Pendapatan petani karet swadaya di Kabupaten Tabalong.
Metode dasar dalam penelitian ini menggunakan penelitian Deskriptif Analisis. Metode untuk menentukan lokasi menggunakan Purposive Sampling yaitu teknik pengambilan sampel dengan cara sengaja dengan mengambil 2 kecamatan yaitu Kecamatan Haruai dan Kecamatan Muara Uya, teknik pengambilan sampel menggunakan Snowball Sampling dengan jumlah 40 responden dengan mengambil 20 responden di Desa Hayup dan 20 responden di Desa Ribang.
Hasil penelitian ini rata-rata produksi bahan olah karet dalam bentuk lump mangkok, 1) produktivitas karet rakyat sebesar 1.017 Kg/ha/bulan 2) faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas karet rakyat swadaya ada dua seperti faktor umur tanaman karet dan umur kepala keluarga, 3) Pendapatan yang dihasilkan petani Desa Hayup sebesar Rp 5.138.495/UT/bulan dan petani Desa Ribang Rp 4.147.410/UT/bulan, rerata keseluruhan pendapatan sebesar Rp 9.285.905/UT/bulan.

LOADING LIST...
Dr. Ir. Danang Manumono, MS (P) - Personal Name
Arum Ambarsari, SP.,MP - Personal Name
Agus Susanto (p) - Personal Name
NONE
Text
LOADING LIST...