Istiti Purwandari, SP,. MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PERAN KOPERASI TARUNA MANDIRI DALAM MEMAJUKAN USAHATANI KARET DI DESA LABUHAN INDAH KECAMATAN WAY SERDANG KABUPATEN MESUJI LAMPUNG


INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran koperasi dalam memajukan usahatani karet dan kendala yang dihadapi koperasi dalam memajukan usahatani karet anggota koperasi di Desa Labuhan Indah Kecamatan Way Serdang Kabupaten Mesuji Lampung.
Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Dalam penentuan lokasi dan waktu pelaksanaan penelitian menggunakan metode purposive sampling. Penentuan sampel dipilih menggunakan metode Accidental Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah anggota koperasi dengan jumlah sampel 30 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner, dan wawancara.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran koperasi dalam memajukan usahatani yaitu memberikan pinjaman modal bagi anggota koperasi, memberikan pengembangan keterampilan bagi anggota koperasi, koperasi melakukan pemasaran milik anggota koperasi. Sedangkan untuk kendala yang dihadapi koperasi yaitu keterbatasan modal. Dimana keterbatasan modal membuat koperasi belum bisa menyediakan sarana pertanian yang dibutuhkan anggota koperasi. Dengan demikian peran koperasi dalam penyediaan sarana produksi belum berperan.


Kata Kunci : Peran koperasi dan usahatani karet.


LOADING LIST...
imademudita16@yahoo.com
Istiti Purwandari, SP,. MP (P) - Personal Name
Ir. Listiyani, MP - Personal Name
I MADE MUDITA - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...