Ir. Sugeng Wahyudiono, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Kualitas Tapak Terhadap Hasil Pangkasan Kayu Putih Pada Panen Awal (Studi Kasus Di BKPH Jatipohon, KPH Purwodadi)


INTISARI
KPH Purwodadi merupakan bagian dari Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Tengah yang telah mengembangkan jenis tanaman kayu putih. Penanaman dilakukan pada akhir tahun 2015 dan merupakan tanaman pengembangan awal dengan tanaman tertua berumur 4 tahun pada tahun 2019. Kondisi pertanaman hingga umur 4 tahun menunjukkan pertumbuhan yang tidak beragam baik tinggi maupun diameter tanaman. Kondisi tersebut menyebabkan kesulitan dalam penafsiran hasil pangkas dalam hal parameter yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari hubungan antar parameter pertumbuhan dengan hasil pangkas.
Metode penelitian dilakukan dengan pemilihan petak tanaman sebagai unit pengamatan yang dilakukan berdasarkan data rencana produksi daun kayu putih tahun 2019 BKPH Jatipohon. Pada masing-masing unit penelitian terpilih dibuat petak ukur (5 x 5 m) sebanyak 48 petak dengan jarak tanaman 2 x 1,5 m. Jumlah pembuatan petak ukur dibuat proporsional berdasarkan luas petak. Pemangkasan dilakukan pada tanaman dengan diameter paling besar disetiap petaknya. Analisis penelitian dilakukan dengan menggunakan analisis sidik ragam yang dilakukan untuk mengetahui pengaruh bonita terhadap hasil pangkasan dan analisis regresi yang dilakukan untuk mengetahui hubungan antara diameter terhadap hasil pangkas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bonita yang menunjukkan kualitas tapak tidak dapat digunakan sebagai parameter penafsiran hasil karena berpengaruh negatif pada level (P. 0,007) terhadap hasil pangkasan. Sebaliknya, diameter mempunyai hubungan positif terhadap hasil pangkasan dengan mengikuti persamaan regresi yaitu Y = - 0,561 + 0,304X. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa diameter dapat digunakan sebagai petunjuk pertumbuhan tanaman dan sekaligus penafsiran hasil pangkasan.
Kata kunci: Hasil Pangkasan, Bonita, Diameter

LOADING LIST...
rimbadanie@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...