Dewi Meitasari; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

CURAHAN WAKTU KERJA, MOTIVASI BEKERJA, DAN KONTRIBUSI PENDAPATAN TENAGA KERJA WANITA DI PERKEBUNAN KELAPA SAWIT PT. AGRONUSA INVESTAMA II KUMPAI WILMAR GRUP


Wanita mempunyai banyak peran dalam rumah tangga, sosial, dan ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui curahaan waktu tenaga kerja wanita di perkebunan kelapa sawit, mengetahui motivasi bekerja wanita di perkebunan kelapa sawit, dan mengetahui sumbangan pendapatan tenaga kerja wanita dalam rumah tangga.
Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dimana menentukan sampel dari populasi dilakukan secara pertimbangan atau karakter-karakter tertentu dan dipilih secara sengaja.
Hasil penelitian menunjukkan besarnya curahan waktu tenaga kerja wanita pada perusahaan kelapa sawit PT Agronusa Investama IIyaitu pada kegiatan ekonomi rata-rata 7 jam/hari dengan persentase 29,2%. Kegiatan rumah tangga 38,8%, kegiatan sosial 9,1%, dan kegiatan pribadi 22,9%. Motivasi tenaga kerja wanita harus bekerja untuk menambah pendapatan dengan persentase 78,3%, dan yang lainnya seperti mengisi waktu luang, lokasi kerja dekat rumah dan mencari pengalaman persentasenya 21,7%. Sumbangan pendapatan yang diperoleh tenaga kerja wanita yaitu rata-rata sebulan sebesar Rp3.112.667. Kontribusi pendapatan tenaga kerja wanita terhadap pendapatan keluarga adalah 48% dan sudah sangat baik dalam kontribusinya terhadap pendapatan rumah tangga.

LOADING LIST...
dewimeitas@gmail.com
NONE
Text
INSTPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...